Langsung ke konten utama

Ternak Ayam Jago Kampung

ParuhMas. Mau ternak ayam kampung..? bididaya ayam bisa jadi sangat menjanjikan lho sob, hal ini karena masyarakat kita sudah sangat lumrah dan biasa mengkonsumsi ayam sebagai lauk, tapi kendala yang sering dihadapi adalah bagaimana makannya agar pola pemeliharaan yang dilakukan tidak memakan banyak biaya perawatan..? nah di tulisan kali ini kita akan sedikit bahas ya tentang ternak ayam jago kampung.

Kenapa kok jago..? oh ya udah pada tau khan apa itu jago..? jago itu maksudnya ayam yang jenis kelaminnya laki-laki, bukan salah satu jenis ras ayam ya..

Oke kita lanjut..

Kenapa kok ayam yang jago..? karena jelas, sebenernya ayam ini sebaiknya yang banyak dikeluarkan dari kandang, karena yang betina full akan kita gunakan untuk produksi anak, ayam betina yang dikeluarkan biasanya kalau ayam tersebut sudaf afkir atau tidak produktif lagi, kita hanya menyisakan ayam jago dikandang yang memiliki keunggulan genetik dan fisik untuk berproduksi.


Nah sehat tidaknya ayam jago yang kita pelihara, dipengaruhi oleh dua faktor.

Pertama adalah faktor genetik, ini adalah faktor utama, bahkan berbagai usaha persilangan dilakukan untuk mendapatkan ayam yang diinginkan, dan faktor genetik ini juga lah yang sangat mempengaruhi bagaimana postur dan berat badannya nanti. Genetik ini ibarat cetakan, jika cetakannya bagus, besar. Maka dengan nutrisi yang tepat akan menghasilkan hasil cetakan yang sesuai dengan yang diinginkan. Tapi kalau cetakannya kecil, akan susah untuk menghasilkan hasil cetakan yang besar.

Kedua adalah nutrisi. Ini adalah faktor kedua yang tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan, dan justru kualitas sebuah peternakan terletak bagaimana mencukupi kebutuhan nutrisi ternak yang dipelihara.

Oke hubungannya dengan ayam jago kampung, ini adalah nilai lebih dari jenis ayam ini, ayam kampung memiliki sifat yang sangat mudah beradaptasi dan memiliki ketahanan tubuh yang luar biasa dengan makanan yang diberikan. di kami, PARUHMAS, kami sering memberikan makan ayam kampung dengan makanan sampah dapur, sebagian ada yang diberikan secara langsung, dan sebagian ada yang diolah terlebih dahulu. Bagaimana pemberiannya dan jenis-jenis apa saja yang bisa kita berikan ke ayam jago kampung..? ikutin terus  ya blog ini...


Komentar